Assalamualaikum....kabare ......

SELAMAT DATANG KE LAMAN BLOG CIKGU ANAIZ

Friday, July 23, 2010

Pujian Yang Membinasakan

Renungan buat diriku....

Imam al-Ghazali dalam kitabnya, 'Kitabul Arba'in fi Ushuliddiin' mengatakan bahwa pujian itu mengandung enam bencana. Empat bencana bagi pemuji dan dua untuk yang dipuji:
1. Seringkali pujian tersebut dilakukan secara berlebih-lebihan, bahkan akhirnya menjurus pada dusta, karena tidak sesuai dengan kenyataan.

2. Berpura-pura menyenangi orang yang dipuji, padahal sebenarnya tidaklah demikian. Hal ini jelas menjurus pada sifat munafik dan riak.

3. Seringkali mengatakan sesuatu secara tidak objektif dan omong kosong. Contohnya, mengatakan dia itu orang yang adil, dan dia itu warak, sedangkan kenyataannya adalah sebaliknya.

4. Menjadikan pihak yang dipuji itu merasa bangga dan besar kepala. Walhal mungkin , orang yang dipuji itu adalah orang yang zalim dan fasik. Rasulullah Saw telah bersabda, "Sesungguhnya Allah sangat murka bila ada orang fasik dipuji-puji." (al-Hadits).

5. Kemungkinan orang yang menerima pujian akan menjadi takbur dan ta'ajjub yang keduanya sangat membinasakan.

6. Menjadikan penerima pujian akan bangga dan lupa akan amalnya serta merasa dirinya sudah cukup sempurna.

Berhati-hatilah dalam menerima dan memberi pujian. Jangan karam dengan pesona yang melalaikan.

1 comments:

JHaZKiTaRo said...

salam ukhwah.. blog hopping.. ada masa, jemput ziarah blog hamba jika berminat nak baca my TRAVELOGUES IN 45 COUNTRIES.. :)

Bersama Cikgu Anaiz © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute